Dasar-Dasar dari bell’s Palsy

Bell’s palsy adalah kelumpuhan mendadak yang sering hanya mempengaruhi satu sisi wajah. Bell’s palsy biasanya bersifat sementara, dan pengobatan yang tersedia.

Bayangkan bangun di pagi hari, melihat di cermin dan menyadari bahwa salah satu sisi wajah anda kendur, kelopak mata terkulai, dan anda meneteskan air liur keluar dari sisi mulut anda. Jika anda pernah mengalami ini, anda mungkin mengalami bell’s palsy.

Bell’s palsy adalah penyebab paling umum dari kelumpuhan wajah. Meskipun bell’s palsy durasi biasanya terbatas untuk beberapa bulan, gejala-gejala dapat dipastikan akan mengganggu.

Apa yang Menyebabkan bell’s Palsy?Apa yang Menyebabkan bell's Palsy?

Bell’s palsy dapat terjadi pada semua usia, tetapi paling sering terjadi di sekitar usia 40. Pria dan wanita dipengaruhi sama. Setiap tahun sekitar 15 sampai 30 orang dari 100.000 mendapatkan bell’s palsy. Penyebab dari bell’s palsy belum sepenuhnya dipahami tetapi diyakini disebabkan oleh infeksi virus yang menyebabkan pembengkakan pada saraf wajah.

Menyelinap Mengintip ke Dalam Tubuh Manusia

Dua wajah saraf-saraf yang memiliki cabang di seluruh wajah dan membawa impuls listrik ke otot-otot wajah. Masing-masing saraf berisi 7.000 serabut saraf. Ketika saraf membengkak dalam respon terhadap infeksi, impuls listrik lemah dan otot-otot wajah kehilangan gerakan mereka. Cabang-cabang dari saraf wajah juga penting untuk merobek dan produksi air liur, dan mereka mengirimkan beberapa sensasi rasa dari lidah.

Meskipun penyebab pasti dari bell’s palsy tidak selalu jelas, faktor-faktor risiko tertentu yang dikenal untuk meningkatkan kemungkinan mendapatkan bell’s palsy. Faktor risiko meliputi:

  • Terkena herpes simplex virus tipe 1
  • Memiliki diabetes
  • Sedang hamil
  • Memiliki episode sebelumnya dari bell’s palsy

Bell’s Palsy GejalaBell's Palsy Gejala

Bell’s palsy biasanya hanya mempengaruhi satu sisi wajah. Bell’s palsy gejala biasanya mulai tiba-tiba dan mencapai puncaknya dalam waktu 48 jam. Gejala dapat berkisar dari sebagian kelumpuhan total. Gejala umum termasuk:

  • Kelemahan otot-otot wajah menyebabkan kehilangan ekspresi wajah
  • Berkedut otot-otot wajah
  • Melorot dari kelopak mata dengan ketidakmampuan untuk menutup mata
  • Kekeringan pada mata dan mulut
  • Hilangnya rasa
  • Air liur dari sudut mulut
  • Kesulitan berbicara dengan jelas

Diagnosis dan Pengobatan bell’s Palsy

Gejala khas dan tiba-tiba dari satu sisi kelemahan wajah yang cukup untuk membuat diagnosis bell’s palsy. Jenis lain dari tes diagnostik biasanya tidak diperlukan. Jika bell’s palsy tidak tampaknya akan mendapatkan lebih baik dari waktu ke waktu, rujukan ke ahli saraf atau telinga, hidung, dan tenggorokan dokter mungkin diperlukan untuk menyingkirkan penyebab lain dari kelumpuhan wajah seperti tumor, penyakit Lyme, atau multiple sclerosis.

9 Hal-Hal Yang Mengejutkan Yang Dapat Membuat Anda Sakit9 Hal-Hal Yang Mengejutkan Yang Dapat Membuat Anda Sakit

Bahkan tanpa pengobatan, lebih dari 80 persen orang dengan bell’s palsy mulai mendapatkan yang lebih baik dalam waktu tiga minggu. Tanda awal dari perbaikan ini sering kembalinya rasa. Bell’s palsy durasi jarang lebih dari enam bulan. Beberapa studi menunjukkan bahwa pengobatan dapat mempersingkat bell’s palsy durasi dan meningkatkan gejala. Bell’s palsy pengobatan meliputi:

  • Steroid. Anti-inflamasi obat prednison dapat digunakan untuk mengurangi pembengkakan pada saraf wajah. Prednison dapat dimulai segera setelah diagnosis dibuat meruncing dan lebih dari 10 hari.
  • Obat antivirus. Oral acyclovir (Zovirax) atau valacyclovir (Valtrex) dapat dimulai dalam waktu tiga hari dari bell’s palsy gejala dan dilanjutkan selama tujuh hari.
  • Perawatan mata. Taping mata tertutup, menggunakan penutup mata, dan menggunakan air mata buatan yang membantu perawatan untuk mencegah iritasi mata dari kekeringan yang berlebihan.
  • Terapi fisik. Pesan wajah, berolahraga otot-otot wajah, dan menerapkan panas yang lembut dapat membantu pemulihan.

Bell’s palsy dapat menjadi pengalaman yang menakutkan. Kabar baiknya adalah bahwa bahkan tanpa pengobatan, paling bell’s palsy gejala hilang sepenuhnya dalam waktu. Dokter perawatan primer anda dapat membantu anda mengelola bell’s palsy. Dalam kasus di mana gejala tidak membaik, telinga, hidung, dan tenggorokan atau neurologis spesialis harus dikonsultasikan untuk menyingkirkan penyebab lain dari kelumpuhan wajah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *